Pengertian Perjanjian Internasional

Hukum Sumber Hukum
 
 
Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai Pengertian Perjanjian Internasional. Tentunya anda sedang mencari Apa itu Perjanjian Internasional ?, Maka sudah tepat anda membaca tulisan ini. Tulisan ini menyajikan kepada anda mengenai apa itu perjanjian Internasional, Lebih lanjut simak di bawah ini.
 
Pengertian Perjanjian Internasional dikalangan publik khususnya di Indonesia sangat bervariasi. Secara populer di Indonesia cenderung memahami bahwa Pengertian Perjanjian Internasional adalah semua perjanjian yang bersifat lintas batas negara atau transnasional.
 
 
Secara Bahasa, Pengertian Perjanjian ialah suatu hubungan kerjasama yang dilakukan oleh pihak yang satu dengan pihak lainnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa Pengertian Perjanjian Internasional adalah Semua bentuk hubungan yang dilakukan antara negara yang satu dengan negara lainnya ataupun lebih.
 
 
Di kalangan publik, tidak dibedakan antara pengertian perjanjian Internasional dan pengertian kontrak Internasional karena keduanya di pahami sebagai perjanjian Internasional tanpa melihat siapa subjeknya, apa karakter hubungan hukumnya, serta rezim hukum apa yang menguasainya. Contoh Perjanjian Internasional yang dilakukan antara negara : perjanjian pemerintah Indonesia dengan pemerintah Vietnam untuk jual beli beras dipahami sebagai suatu perjanjian Internasional.
 
 
Dalam pembahasan tentang Konvensi Wina 1969, komisi hukum Internasional yang merancang konvensi ini merasakan rumitnya pengertian perjanjian internasional. Jadi Komisi ini memberikan gambaran mengenai Pengertian Perjanjian Internasional adalah suatu hubungan yang memenuhi dua elemen, yaitu adanya maksud untuk menciptakan kewajiban, hubungan hukum dan tunduk pada rezim hukum Internasional.
 
 
Praktik di Indonesia tentang pembuatan perjanjian Internasioanl, yang dilakukan baik itu sebelum dan sesudah lahirnya Undang-Undang No. 24 Tahun 2000 tidak luput juga dari kerancuan pemahaman tentang pengertian perjanjian internasional. Pasal 11 UUD Tahun 1945 hanya menyebutkan “perjanjian dengan negara lain” dan tidak mendefinikan tentang apa itu pengertian perjanjian Internasional. Secara harafiah maka terdapat kecenderungan untuk mengartikan “perjanjian” sebagai semua perjanjian terlepas dari apakah perjanjian tersebut ialah perjanjian-perjanjian perdata atau publik.
 
Demikianlah pembahasan mengenai pengertian perjanjian Internasional, Semoga tulisan saya mengenai pengertian perjanjian Internasional dapat bermanfaat, dan juga semoga tulisan saya yang berikutnya dapat membantu anda.
 

Sumber : Buku Dalam Penulisan Pengertian perjanjian Internasional ini :

– Damos Dumoli Agusman, 2010. Hukum Pejanjian Internasional “Kajian Teori dan Praktik Indonesia”. Yang Menerbitkan PT Refika Aditama: Bandung.
Gambar Pengertian Perjanjian Internasional

Gambar Pengertian Perjanjian Internasional

 
Pengertian Perjanjian Internasional | Sanusi |