Pengertian Hukum Pidana Islam

Hukum Sumber Hukum
 
 
Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai apa itu hukum pidana dalam islam atau biasa disebut hukum pidana islam. Tentunya anda sedang mencari apa itu hukum pidana islam, maka sudah tepat anda membaca tulisan ini. Tulisan ini menyajikan kepada anda mengenai hukum pidana islam, lebih lanjut mengenai apa itu hukum pidana islam simak di bawah ini.
 
Pengertian hukum pidana islam diartikan dari terjemahan kata fiqh jinayah.
Pengertian Hukum Pidana Islam adalah segala ketentuan hukum mengenai tindak pidana atau perbuatan kriminal yang dilakukan oleh orang-orang mukallaf (orang yang dapat dibebani kewajiban), sebagai hasil dari suatu pemahaman dalil-dalil hukum yang terperinci dari Alquran dan hadits. Tindakan kriminal yang dimaksud dalam hukum pidana islam ialah tindakan-tindakan kejahatan yang mengganggu ketentraman umum serta tindakan melawan peraturan perundang-undangan yang bersumber dari alquran dan hadits.
 
 
Pengertian hukum pidana islam merupakan syariat Allah yang mengandung kemaslahatan bagi kehidupan manusia baik di dunia maupun akhirat. Syariat islam yang dimaksud, secara materil mengandung kewajiban asas bagi setiap manusia untuk melaksanakannya. Konsep kewajiban asasi syariat, yang berarti menempatkan Allah sebagai pemegang dari segala hak, baik itu yang ada pada diri sendiri maupun yang ada pada diri orang lain. Setiap orang hanya pelaksana dari kewajiban yang diperintahkan Allah. Perintah Allah yang dimaksud, harus diamalkan untuk kemaslahatan dirinya dan orang lain.
 
 
Adapun hukum pidana islam sering dijumpai dengan istilah jinayat atau jarimah. Secara Istilah, Jinayat dalam hukum islam merupakan delik (tindak pidana), yang merupakan perbuatan dosa atau perbuatan salah. Menurut Abdul Al Qodir Awdah, Pengertian Jinayat adalah perbuatan yang dilarang oleh agama, baik itu perbuatan mengenai jiwa, harta benda atau lain sebagainya.
 
 
Adapun yang dimaksud dengan Jinayat ini meliputi : hukum membunuh orang, memotong anggota tubuh, melukai orang, menghilangkan manfaat badan seperti menghilangkan salah satu panca indera. Hukum Pidana Islam ini juga membahas mengenai upaya-upaya prefentif, rehabilitatif, edukatif dan upaya-upaya represif yang dilakukan untuk menanggulangi kejahatan yang disertai dengan teori-teori mengenai hukuman.
 
 
A. Jazuli mengatakan bahwa pada dasarnya pengertian Jinayah (Hukum Pidan Islam), mengacu pada hasil perbuatan seseorang. Secara umum, pengertian Jinayat sama dengan hukum pidana seperti pada hukum positif; yaitu hukum yang mengatur mengenai perbuatan yang berkaitan dengan jiwa atau anggota badan, contohnya : membunuh, melukai dan lain sebagainya.
 
Demikianlah pembahasan mengenai pengertian hukum pidana islam, semoga tulisan saya mengenai pengertian hukum pidana islam dapat bermanfaat.
 

Sumber : Buku Hukum Pidana Islam Yang Dipakai Dalam Penulisan ini :

– Zainuddin Ali, 2009. Hukum Pidana Islam. Yang menerbitkan Sinar Grafika: Jakarta.
Gambar Pengertian Hukum Pidana Islam

Gambar Pengertian Hukum Pidana Islam

 
Pengertian Hukum Pidana Islam | Sanusi |