Pengertian Hukum Islam

Hukum Sumber Hukum
 
 
Dalam pemaknaan sehari-hari “hukum” umumnya dipandang sebagai seluruh atauran atau ketentuan baik yang bersumber dari Allah, penguasa yang membuat  hukum, maupun yang dimaksudkan sebagai aturan kebiasaan, adat dan tata krama lainnya di dalam kehidupan bermasyarakat.
 
 
Namun demikian kata “hukum” yang berasal dari kata bahasa Arab itu telah terbentuk persepsi dalam memaknainya, yaitu segala ketentuan Tuhan yang mengatur seluruh makhluknya . Akan tetapi, dalam konteks ini tentu makna hukum yang relevan adalah segala ketentuan tuhan yang mengatur berbagai hubungan muamalah dalam kehidupan ini baik yang terdapat dalam Al-Quran, Al-Hadis, Ijma, Qiyas serta sumber-sumber hukum lainnya.
 
 
Adapun Pengertian Hukum Islam Menurut Para Ahli, sebagai berikut :
 
Menurut Mahmud Syaltout, Pengertian Hukum Islam adalah aturan-aturan yang diciptakan oleh Allah bagi manusia supaya manusia berpegang teguh kepada-Nya, yang dilakukan dalam hubungannya dengan Tuhan, sesama saudara Muslim, sesama manusia dan hubungan mereka dengan seluruh alam dan hubungannya hidup.
 
 
Muhammad Ali At-Tahanawi dalam bukunya al-Funun Kisyaaf Ishthilaahaat juga memberikan pemahamannya mengenai Pengertian Hukum Islam, yaitu mencakup semua ajaran Islam yang meliputi bidang aqidah, akhlak, ibadah dan muamallah.
 
Pengertian Akidah adalah suatu ilmu pengetahuan untuk memahamiperkara-perkara yang erat kaitannya dengan keyakinan terhadap Allah SWT dan sifat-sifat kesempurnaan Allah SWT.
 
Pengertian Akhlak adalah suatu pola tingkah laku yang terdapat pada diri seseorang, yang melekat, dilakukan dan dipertahankan terus menerus secara sadar.
 
Pengertian Ibadah adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia, baik itu berupa perkataan maupun perbuatan yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan mendapatkan pahala karenanya.
 
Pengertian Muamalah adalah ketentuan aturan hukum yang mengatur hubungan seseorang dan orang lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Allah SWT.
 
 
Pengertian Hukum Islam dimulai dari dua buah kata yang berasal dari bahasa Arab yaitu kata Hukum dan kata Islam. Kata “Hukum” berarti ketentuan atau ketetapan, sedangkan kata “islam” berasal dari akar kata “aslama” menjadi “salama” selanjutnya menjadi islam yang artinya, selamat, damai, sejahtera atau penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan.
 
 
Dari kedua pengertian tersebut, maka dapatlah ditarik kesimpulan, bahwa Pengertian Hukum Islam secara etimologis adalah segala macam ketentuan atau ketetapan mengenai sesuatu hal dimana ketentuan itu telah diatur dan ditetapkan oleh agama islam. Dari segi istilah, pengertian hukum islam menurut ajaran islam antara lain dikemukakan oleh abdurraf (1970 : 21) hukum adalah peraturan-peraturan yang terdiri dari ketentuan-ketentuan, suruhan dan larangan, yang menimbulkan kewajiban dan atau hak.
 
Demikianlah pembahasan mengenai pengertian hukum islam dalam tulisan ini, semoga tulisan saya mengenai pengertian hukum islam dapat bermanfaat.
 

Buku Hukum Islam yang Dipakai Dalam Penulisan ini :

– M.Arifin Hamid, (2011). HUKUM ISLAM Perspektif Keindonesiaan (Sebuah Pengantar dalam Memahami Realitasnya di Indonesia). PT.UMITOHA GRAFIKA : Makassar.
Gambar Pengertian Hukum islam

Gambar Pengertian Hukum islam

 
 
Pengertian Hukum Islam | Sanusi |